Tips Mengajar TIK SD

Modul Bahan Mengajar dan Panduan Siswa TIK Kelas 3,4,5,6 SD (Klik disini)

Tips Mengajar TIK SD| Bagi rekan guru yang kebetulan diberi tugas untuk mengajar TIK SD, beberapa tips dibawah ini bisa diambil manfaatnya:
  1. Siapkan perangkak komputer yang sesuai dengan jumlah siswa. Atau minimal 1:2 dikali jumlah siswa. Artinya satu komputer digunakan oleh dua orang siswa pada saat praktik. 
  2. Siapkan buku panduan praktik TIK SD. Atau sering disebut modul komputer. Hal ini penting, untuk mempermudah praktik. 
  3. Siapkan infokus. Infokus berguna untuk proses simulasi alias proses memberi contoh dari materi yan akan dipraktikan oleh siswa. Jika tidak ada infokus, guru bisa menggunakan monitor yang dihadapkan kearah siswa, fungsinya sebagai output dari komputer yang digunakan oleh guru pada saat memberikan contoh materi.
  4. Siapkan bahan latihan yang sesuai dengan materi yang dibahas. Misalkan materi membuat tabel di microsoft word. Maka untuk bahan latihan, siapkan print out contoh tabel yang nantinya akan ditiru oleh siswa di komputer masing-masing.
Nah, 4 Tips Mengajar TIK SD tadi adalah bagian utama dari beberapa tips keberhasilan mengajar TIK untuk siswa SD. Masih banyak lagi tips pendukung keberhasilan mengajar TIK SD lainya. 

No comments:

Post a Comment